Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PENDIDIKAN NILAI KARAKTER TOKOH HIBINO KAFKA PADA KOMIK "KAIJU NO. 8" KARYA NAOYA MATSUMOTO BERDASARKAN TEORI THOMAS LICKONA
Nama: SANG PUTRA KURNIAWAN
Tahun: 2025
Abstrak
Sang Putra Kurniawan, 2025. Analisis Pendidikan Nilai Karakter Tokoh Hibino Kafka Pada Komik “Kaiju No. 8” Karya Naoya Matsumoto Berdasarkan Teori Thomas Lickona, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Tadulako, Pembimbing Hasnur Ruslan, dan Ade Nurul Izatti. Fokus permasalahan dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tokoh Hibino Kafka dalam komik Kaiju No. 8 karya Naoya Matsumoto, dengan menggunakan teori pendidikan karakter dari Thomas Lickona. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi terhadap data berupa dialog, monolog internal, dan respons karakter lain terhadap tindakan tokoh utama. Data dianalisis secara sistematis dengan mengacu pada tujuh unsur karakter menurut Lickona, yakni kejujuran, belas kasih, keberanian, kasih sayang, kontrol diri, kerja sama, dan kerja keras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh unsur karakter tersebut direpresentasikan secara konsisten dalam diri tokoh Hibino Kafka. Dari keseluruhan nilai yang dianalisis, belas kasih, kasih sayang, kerja sama, kerja keras dan ketulusan hati muncul sebagai nilai yang paling dominan. Nilai-nilai lainnya seperti kegagahberanian dan pengendalian diri memperkaya dimensi moral tokoh dan menunjukkan bahwa komik Kaiju No. 8 mampu menjadi media pembelajaran karakter yang bermakna jika dikaji secara tepat. Temuan ini membuktikan bahwa karya sastra populer dapat berkontribusi signifikan dalam pembentukan karakter pembaca melalui narasi yang mengandung nilai-nilai kehidupan. Kata Kunci: pendidikan karakter, komik, Hibino Kafka, Kaiju No. 8, dan Thomas Lickona.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up