Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Media Canva Dalam Menulis Puisi Berbasis HOTS Pada Siswa Kelas VIII SMP Alkhairaat 1 Palu
Nama: HARLISA.M
Tahun: 2025
Abstrak
Harlisa. M, 2025. “Penerapan Media Canva dalam Menulis Puisi Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Siswa Kelas VIII SMP Alkhairaat 1 Palu.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Yunidar. Menulis puisi merupakan keterampilan penting dalam mengembangkan imajinasi, ekspresi estetika, serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Namun, pembelajaran puisi di SMP Alkhairaat 1 Palu masih bersifat konvensional dan belum mengintegrasikan teknologi digital untuk mendukung pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Canva dalam keterampilan menulis puisi berbasis HOTS pada siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 1 Palu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experiment) melalui posttest-only control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 1 Palu tahun ajaran 2025 yang berjumlah 112 siswa. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan media Canva dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing sebanyak 28 siswa. Hasil posttest menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 85 dengan tingkat ketuntasan 85,71%, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 69,10 dengan ketuntasan 46,42%. Rata-rata capaian aspek menulis puisi di kelas eksperimen mencakup: tipografi (3,75), diksi (3,46), gaya bahasa (3,25), rima (2,89), dan desain visual (3,64), yang berada pada kategori baik hingga sangat baik. Sebaliknya, kelas kontrol memperoleh capaian yang lebih rendah: tipografi (2,92), diksi (2,75), gaya bahasa (2,39), dan rima (2,18), berada pada kategori cukup hingga kurang. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media Canva berdampak positif secara signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Media ini tidak hanya mendorong capaian akademik, tetapi juga mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, serta literasi digital melalui pembelajaran yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan tuntutan abad ke-21. Kata Kunci: Canva, Menulis Puisi, HOTS, Media Pembelajaran, Sastra.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up