JudulPENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI SINGKAT SISWA KELAS V SD BK JONOOGE |
Nama: INDAH WARDANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Indah Wardani. 2025. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Singkat Siswa Kelas V SD BK Jonooge. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing Ida Nur’aeni. Pembelajaran kemampuan membaca pemahaman dengan model CTL melibatkan banyak peran siswa. Keterlibatan siswa dalam berbagai kegiatan, seperti menyajikan materi pendidikan yang didasarkan pada pengalaman dunia nyata, dan terlibat dalam berbagai kegiatan dengan guru atau siswa merupakan cara yang baik untuk membantu siswa mengembangkan pemahaman mereka terhadap materi tersebut. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa, yang terlihat dari kurangnya perhatian dan pemahaman siswa saat membaca teks narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks narasi singkat pada siswa kelas V SD BK Jonooge Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD BK Jonooge. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Pada siklus I nilai yang diperoleh siswa yaitu 73,32 dan pada siklus II nilai yang diperoleh siswa yaitu 90,17, terjadi peningkatan nilai rata-rata dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Peningkatan ini terlihat pada aspek memahami isi bacaan, mengidentifikasi unsur teks narasi, serta kemampuan menjawab pertanyaan berdasarkan teks. Dengan demikian, model CTL efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman teks narasi singkat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, membaca pemahaman, teks narasi, SD BK Jonooge |