JudulPenggunaan Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menggunakan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Penulisan Karangan Narasi |
Nama: DEWI FAHRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Dewi Fahra, 2025. “Penggunaan Media Pembelajarang Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menggunakan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Penulisan Karangan Narasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sukma. Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan pada siswa yang pada saat kegiatan pembelajaran masih mengalami banyak kesulitan terutama dalam penempatan huruf kapital dan tanda baca serta pemilihan kosakata dan mengorganisasikan isi tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada penulisan karangan narasi siswa kelas VII MTs Alkhairaat Parigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Flashcard untuk meningkatkan kemampuan menggunakan huruf kapital dan tanda bacapada penulisan karangan narasi siswa kelas VII MTs Alkhairaat Parigi. Pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal 36?n pada siklus II meningkat menjadi 84%. Dilihat dari nilai rata- rata siklus I sebesar 66,9 meningkat pada siklus II menjadi 82,68. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flashcard dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca siswa pada penulisan karangan narasi. Kata kunci: Flashcard, Huruf kapital, tanda baca, dan karangan narasi. |