Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Palu Menggunakan 5W+1H Berbasis Kearifan Lokal
Nama: AGNES MONICA RAMPALODJI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Agnes Monica Rampalodji 2025, “ Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Palu dengan Menggunakan 5W+1H Berbasis Kearifan Lokal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tadulako, pembimbing Sukma. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu menulis teks deskripsi dengan menggunakan 5W+1H berbasis kearifan lokal.Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu menggunakan 5W+1H berbasis kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 2 Palu. Adapun sampel dari penelitian ini adalah kelas IX I dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil mengerjakan tes yang diberikan di sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang meliputi yaitu: (1) teknik pengumpulan data, (2) teknik analisis data. Hasil evaluasi menulis teks deskripsi siswa kelas XI diperoleh nilai tertinggi adalah 94 sedangkan nilai terendah adalah 68. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu adalah 86,33 maka siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu dikategorikan sudah berhasil dan mampu menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal. Hasil di atas menunjukan bahwa pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu berhasil dengan baik dan telah mencapai target kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu 75. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Deskripsi, Kearifan Lokal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up