JudulPENGARUH GAME ONLINE |
Nama: APRIALDI |
Tahun: 2025 |
Abstrak APRIALDI, 2025. Penggunaan gaya bahasa anak usia 9-12 tahun dalam game online mobile legend (Studi Kasus pada Siswa SD Inpres 1 Tatura Palu). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dann Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arum Pujining Tyas. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai apa saja penggunaan istilah dalam game mobile legend terhadap gaya bahasa anak usia 9-12 tahun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa anak usia 9-12 tahun dalam game online Mobile. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, simak, libat, cakap dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari siswa SD INPRES 1 TATURA PALU yang aktif bermain Mobile legends. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 penggunaan gaya bahasa, yaitu: gaya bahasa berdasarkan pilihan kata (percakapan dan tak resmi), gaya bahasa kiasan (ironi), dan gaya bahasa retoris (Hiperbola, satire, dan litotes). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa permainan daring Mobile legends memberi kontribusi signifikan terhadap perkembangan gaya bahasa anak dalam rentang usia 9–12 tahun. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi orang tua, pendidik, dan pihak terkait dalam mengarahkan penggunaan bahasa anak agar tetap sesuai dengan norma dan konteks sosial yang berlaku. Kata kunci: Gaya bahasa, Anak usia 9–12 tahun, Game online, Mobile legends |