JudulPeningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas IX SMPN 3 Luwuk Timur |
Nama: MARIA GORETI DOA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Maria Goreti Doa, 2025. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas IX SMPN 3 Luwuk Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ulfah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks anekdot melalui model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas IX SMPN 3 Luwuk Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini terdiri kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan berupa hasil tes menulis sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran discovery learning. Hasil analisis data kuantitatif dihitung secara presentase dengan merekap nilai-nilai siswa, menghitung nilai rata-rata, dan menghitung presentase. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan secara signifikan pada kemampuan menulis teks anekdot menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan media aplikasi Canva. Selain itu, siswa memberikan respon yang positif dan semangat belajar dalam hal menulis teks anekdot karena adanya model pembelajaran discovery learning yang dapat memberikan kemampuan menemukan ide yang bersifat lebih kreatif dan imajinatif serta mampu belajar secara mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini ialah melalui model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa mengalami peningkatan dan memberikan pengaruh positif. Kata Kunci: Menulis, Teks Anekdot, Discovery Learning. |