JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA MELALUI PENERAPAN METODE SUGESTI IMAJINASI |
Nama: HAJRAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK HAJRAH, 2025. Peningkatan kemampuan menulis puisi bebas pada sisiwa kelas X SMA Negeri 1 Dampal Utara melalui penerapan Metode Sugesti Imajinasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Ade Nurul Izzati G Yotolembah S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas melalui penerapan Metode Sugesti Imajinasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Xa SMA Negeri 1 Dampal Utara pada tahun ajaran 2024/2025. Yang terdiri dari 17 siswa, dengan rincian 8 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil tes siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan klasikal siswa mencapai 41,18%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,12%. Selain itu, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru meningkat dari 72% pada siklus I menjadi 96% pada siklus II. Sementara itu, aktivitas siswa meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 98% pada siklus II. Peningkatan kemampuan siswa serta aktivitas guru dan siswa ini disebabkan oleh penerapan metode sugesti imajinasi dengan menggunakan media gambar bertema “berwisata”. Metode ini mendorong proses pembelajaran yang lebih aktif, kreatif dan menyenangkan serta melatih siswa untuk berpikir kritis dalam menciptakan suatu ide. Kata kunci: Kemampuan siswa, Puisi Bebas, Metode Sugesti imajinasi. |