JudulPENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY PADA SISWA KELAS VII SMPN 12 PALU |
Nama: FITRA ANDINI A. MI'U |
Tahun: 2025 |
Abstrak “Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Metode Outdoor Study pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yunidar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan metode outdoor study pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Palu. Latar belakang penelitian ini di angkat dari rendahnya kemampuan menulis teks deskripsi siswa yang disebabkan oleh kurangnya latihan, keterbatasan kosakata, serta minimnya variasi metode pembelajaran yang digunakan di kelas. Model PJBL dipilih karena berorientasi pada keterlibatan aktif siswa dalam pembuatan proyek yang relevan, sedangkan metode outdoor study memberikan pengalaman belajar langsung di luar kelas untuk memperkaya pengamatan siswa terhadap objek yang akan dideskripsikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol, masing- masing berjumlah 22 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes menulis teks deskripsi dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menghitung nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PJBL dengan metode outdoor study memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Penggunaan metode ini mampu meningkatkan aspek isi, organisasi gagasan, penggunaan bahasa, dan mekanik dalam penulisan teks deskripsi. Dengan demikian, penerapan PJBL dan outdoor study dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Kata kunci: Project Based learning, Outdoor Study, Teks Deskripsi, Kemampuan Menulis. |