Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA DI MTsN 1 PARIGI DI SAUSU
Nama: NIDAUL HASANAH BUKHORI
Tahun: 2025
Abstrak
. “Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka di MTsN 1 Parigi di Sausu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ulfah. Penelitian ini bermula dari permasalahan rendahnya pemahaman siswa terhadap penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di MTsN 1 Parigi, khususnya pada peserta didik kelas VII A dengan fokus pada materi teks prosedur yang diintegrasikan dengan tema kewirausahaan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta implementasi nilai-nilai karakter dalam dimensi Profil Pelajar Pancasila dapat membentuk peserta didik yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan semi-terstruktur, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik kelas VII A, kepala sekolah, dan waka kurikulum. Fokus utama penelitian diarahkan pada tiga aspek, yakni: (1) perencanaan pembelajaran yang melibatkan penyusunan modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), capaian pembelajaran (CP), serta strategi dan metode pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek yang mencakup kegiatan pembuka, inti, dan penutup dengan menekankan pendekatan kontekstual dan kolaboratif; dan (3) implementasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, gotong royong, dan kreatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka di MTsN 1 Parigi berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap penguatan karakter siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dan lembaga pendidikan lainnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada capaian kognitif, tetapi juga berfokus pada pembentukan karakter bangsa. Kata kunci: Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teks Prosedur, Kewirausahaan, Karakter

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up