JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT KESEPAKATAN MELALUI TEKS NEGOSIASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA SISWA KELAS X MAs ALKHAIRAAT PALOLO MAKMUR |
Nama: TAUFI HIDAYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Taufi Hidaya 2024. Peningkatan Kemampuan Membuat Kesepakatan Melalui Teks Negosiasi Melalui Model Pembelajaran Projrct Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas X MAs Alkhairaat Palolo Makmur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Bismawati. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam membuat kesepakatan melalui teks negosiasi Pada Siswa Kelas X MAs Alkhairaat Palolo Makmur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Membuat Kesepakatan Melalui Teks Negosiasi Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas X MAs Alkhairaat Palolo Makmur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi, 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sangat efektif diterapkan dalam menulis membuat kesepakatan melalui teks negosiasi Pada Siswa Kelas X MAs Alkhairaat Palolo Makmur. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) , Menulis Teks Ngosiasi. |