JudulImplementasi Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menemukan Gagasan Utama Pada Artikel Ilmiah Populer Di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu |
Nama: WAHDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Wahda, 2024. Implementasi Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menemukan Gagasan Utama pada Teks Artikel Ilmiah Populer di kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan model pembelajaran inquiri untuk meningkatkan kemampuan siswa menemukan gagasan utama pada artikel ilmiah populer di kelas VIII A SMP Negeri 18 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap: (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Subjeknya adalah 32 siswa kelas VIII A. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa analisis tes hasil belajar dan observasi. Dari keseluruhan Aspek yang dinilai mendapatkan ketuntasan belajar Klasikal pada Siklus I sebesar 62,5%, hasil observasi Aktivitas Guru 61,11%, dan hasil observasi aktivitas peserta didik 60,52%. Hasil penelitian disiklus II menunjukkan adanya peningkatan yaitu mendapatkan nilai ketuntasan belajar Klasikal sebesar 81,25%, hasil observasi Aktivitas Guru 86,66%, dan hasil observasi aktivitas peserta didik 82,89%. Dengan demikian, implementasi model pembelajaran Inquiri untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan gagasan utama artikel ilmiah populer di kelas VIII A SMP Negeri 18 Palu dapat meningkat. Kata kunci : Model pembelajaran inquiri, Gagasan utama, Artikel ilmiah populer |