Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS ALKHAIRAT SOULOWE
Nama: NUR HASANAH
Tahun: 2024
Abstrak
Nur Hasanah, 2024. Dengan Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas VIII di MTs Alkhairat Soulowe”, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Juniati. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas VIII di MTs Alkhairat Soulowe. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Alkhairat Soulowe yang berjumlah 40 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 30 peserta didik kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah tes praktik dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas dengan Liliefors, uji N-gain score dengan uji independent sample t-test, uji Linearitas data dengan uji-F. Sedangkan uji Hipotesis diperoleh dari uji t dengan nilai thitung = 17.636 dan ttabel = 1.697 karena thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, maka disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Adapun nilai determinasi korelasi sebesar 0.698 termasuk ke dalam kategori kuat. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berbicara peserta didik sebesar 48,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Berbicara.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up