Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU
Nama: SRIWANDA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Sriwanda, 2024. Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ida Nur’aeni. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan peningkatan menulis surat pribadi dengan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jenis peneliti ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap: (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Subjeknya adalah 26 siswa kelas VII A. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa analisis tes hasil belajar dan observasi. Dari keseluruhan aspek yang dinilai mendapatkan ketuntasan belajar Klasikal pada Siklus 1 sebesar 53,84%. Hasil observasi Aktivitas Guru 59,21%, dan hasil observasi aktivitas peserta didik 62,5%. Hasil penelitian siklus II menunjukkan adanya peningkatan yaitu mendapatkan nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%, hasil observasi Aktivitas Guru 97,36%, dan hasil observasi aktivitas peserta didik 95%. Dengan demikian, peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dengan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu dapat dicapai. Kata kunci : model pembelajaran snowball throwing, menulis , surat pribadi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up