JudulPeningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Palu Melalui Model Problem Based Learning |
Nama: LESTARI PUTRI ANTAMI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Lestari Putri Anatami. 2024. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Palu Melalui Model Problem Based Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hasnur Ruslan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Palu Melalui Model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap: (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Subjek penelitian adalah 26 Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Palu. Teknik analisis data dilakukan melalui tes kemampuan berbicara dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, kemampuan berbicara siswa mencapai 34,6%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,92%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan metode debat secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Palu. Metode ini efektif dalam melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, mendorong keberanian, serta keterampilan berpikir kritis dalam mengemukakan pendapat. Kata Kunci: Model PBL, Kemampuan Berbicara, Penelitian Tindakan Kelas |