JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMODELAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALU |
Nama: SULHAENI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTARK Sulhaeni, 2024. Peningkatan kemampuan menulis teks persuasi dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nur Halifah, S.Pd., M.Pd. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis teks persuasi dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks persuasi dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian PTK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian oleh Mc. Taggart yaitu terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik teks uraian. Teknik penyajian dan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan pada siklus I diperoleh 63,63?n padasiklus II meningkat menjadi 86,36%. Dilihat dari nilai skor rata- rata tahap siklus I sebesar 75 meningkat menjadi 91 di siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan menulis teks persuasi dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palu meningkat. Kata kunci: Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMPN 8 Palu |