Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VIII B Di SMP Negeri Palu
Nama: NATASYA RENNI RAHMANIA BUULOLO
Tahun: 2024
Abstrak
Natasya Renni Rahmania Buulolo, 2024. Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa kelas VIII B SMP Negeri 18 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd Fokus permasalahan dalam penelitian ini meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 18 Palu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan model pembelajaran kontekstual berdasarkan kurikulum merdeka untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VIII B SMP Negeri 18 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap: (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksaan tindakan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Subjeknya adalah 32 siswa kelas VIII B. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar dan observasi yang kemudian dianalisis kembali secara kuantitatif berupa angka dan dikonversi menjadi data kuantitatif berupa informasi yang berbentuk kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa observasi pada siklus I menunjukkan aktivitas guru menjadi 58% (kategori: kurang), meningkat menjadi 86% (kategori: baik) pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat dari 55% (kategori : kurang) pada siklus I menjadi 88% (kategori : baik) pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I ketuntasan belajar klasikal (56%) meningkat menjadi (84%) pada siklus II dan menunjukkan peningkatan besar 28%. Dengan demikian, implementasi model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerita pendek di kelas VIII B SMP Negeri 18 Palu meningkat. Kata kunci : Model pembelajaran kontekstual, Kurikulum merdeka, Cerita pendek.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up