Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI ERA DIGITAL PADA MAHASISWA KELAS D SEMESTER VI ANGKATAN 2022 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: FEBBY GABRIELA SIRIMA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Pengaruh Penggunaan Media Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Era Digital pada Mahasiswa Kelas D Semester VI angkatan 2022 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tadulako, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Pd. dan Dr. Ulfah, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh dan hasil penggunaan media tiktok dalam meningkatkan keterampilan menulis di era digital pada mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra indonesia? penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi tiktok dalam meningkatkan keterampilan menulis di era digital pada mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra indonesia serta mendeskripsikan hasil pembelajaran mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi tiktok sebagai media belajar dalam pembelajaran keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan teknik tes dan observasi. Selanjutnya untuk menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data menggunakan aplikasi SPSS dan perhitungan skor individu melalui hasil post test dan pre test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test melalui SPSS, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1). Terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis puisi setelah penggunaan media TikTok sebagai alat bantu pembelajaran. Rata-rata nilai pretest mahasiswa adalah 68,30, sedangkan nilai posttest meningkat menjadi 82,60, dengan selisih sebesar 14,30 poin. Ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi yang cukup signifikan setelah pembelajaran berbasis media TikTok diterapkan. 2). Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media TikTok dan peningkatan keterampilan menulis puisi pada mahasiswa kelas D Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3). Media TikTok terbukti efektif sebagai media pembelajaran puisi di era digital. Selain meningkatkan keterampilan menulis, media ini juga memotivasi mahasiswa untuk berkreasi lebih luas melalui unsur audio-visual, serta meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam mengekspresikan karya sastra secara digital. Kata kunci: TikTok, keterampilan menulis puisi, Era digital.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up