Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Kemampuan Menulis Teks Wacana Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 02 Dapurang
Nama: WULAN
Tahun: 2024
Abstrak
WULAN 2024. Penerapan kemampuan menulis teks wacana narasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Dapurang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ulfah, S.Pd., M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis karangan narasi dikarenakan kurangnya penggunaan media gambar pada proses pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka peneliti menggunakan media pembelajaran berupa media gambar berseri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian Kemmis dan MC. Taggart. Dengan menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I dengan materi menulis karangan narasi menggunakan media gambar berseri diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 24?ngan nilai rata-rata 54,16. Serta hasil observasi kegiatan siswa 47,22?n hasil observasi kegiatan guru 52,94%. Sementara hasil penelitian siklus II dengan materi menulis karangan narasi menggunakan media gambar berseri diperoleh ketuntasan belajar klasikal 96?ngan nilai rata-rata 83,72. Serta hasil observasi kegiatan siswa 84,37?n hasil observasi kegiatan guru 83,82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui media gambar berseri pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 02 Dapurang. Kata kunci : Menulis narasi, Media Gambar Berseri

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up