JudulPeningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Ratolindo |
Nama: PUTRI PRATAMA Y. ABAS |
Tahun: 2024 |
Abstrak Putri Pratama Y. Abas, 2024. Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ratolindo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasnur Ruslan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara siswa percaya diri dalam mengemukakan pendapat di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Ratolindo melalui model discovery learning dengan pendekatan saintifik melalui media gambar. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindak kelas dengan metode deskripsi kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ratolindo tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan 2 kelas sempel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang berasal dari kelas A dan C. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar tes. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu rata- rata dan kategori skor. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata aktivitas guru dan siswa pada siklus I sebesar 26 ( baik ) dan pada siklus II meningkat menjadi 62 ( sangat baik ). Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dengan presentase ketuntasan klasikal 10% ( belum tuntas ) dan pada sikusII meningkat dengan presentase ketuntasan 90% ( tuntas ). Kata Kunci : : Discovery learning, pendekatan saintifik, menggunakan media gambar |