Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP NEGERI 2 MORI ATAS
Nama: UING STEVRIAN LOMPIHA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Uing Stevrian Lompiha, 2025. Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMP Negeri 2 Mori Atas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing Sukma. Penelitian ini bermula dari permasalahan yang ditemukan peneliti yaitu rendahnya hasil menulis teks deskripsi siswa yang belum mencapai KKM akibat berbagai kesulitan dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menerapkan model discovery learning yang mendorong siswa lebih aktif, berpikir kritis, dan bekerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mori Atas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif yang berupa angka-angka dalam proses penilaian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII berjumlah 56 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pemberian tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penilaian menulis teks deskripsi kelas VII B menggunakan model discovery learning menunjukan terdapat 26 siswa dinyatakan tuntas dengan nilai ketuntasan tertinggi 90 kategori sangat baik sedangkan 2 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan nilai ketuntasan terendah 70 kategori cukup. Rekapitulasi nilai rata-rata siswa menulis teks deskripsi diperoleh 80.71 termasuk kategori baik dengan presentase ketuntasan belajar siswa adalah 92.85% termasuk kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Model ini mampu membuat siswa lebih aktif, termotivasi, dan terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Model Discovery Learning, Menulis, Teks Deskripsi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up