| JudulKEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI KELAS VII SMPN 12 SIGI |
| Nama: MOH RESKI LABONU |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Moh Reski Labonu A11120139,“ Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di Kelas VII Smpn 12 Sigi”. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Ilmu Bahasa Indonesia, Universitas Tadulako. Pembimbing Juniati. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berbicara siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan terhadap kemampuan berbicara siswa di kelas VII SMPN 12 Sigi” Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan terhadap kemampuan berbicara siswa di kelas VII SMPN 12 Sigi Jenis Penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII SMP 12 Sigi Jl. Lelemina Kel. Tinggede Kec. Marawola. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, 1 orang guru Bahasa Indonesia dan 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan Kuesioner. Data dianalisis melalui reduksi data penyajian data dan verikasi data atau kesimpulan. Hasil yang diperoleh ialah, Kelancaran berbahasa, koherensi penjelasan, penggunaan kosakata tepat, didapatkan hasil yaitu 95,3%, Kepercyaan diri saat berbicara, intonasi artikulasi, didapatkan hasil yaitu 92,0 %, Kemampuan persuasi, penggunaan struktur kalimat ajakan, daya tarik argumen, didapatkan hasil yaitu 92,7%, Kemampuan argumentasi, relevansi contoh, penggunaan data sederhana, didapatkan hasil yaitu 86,7 %, Kemampuan narasi, kronologi cerita, ekspresi emosi bahasa tubuh, didapatkan hasil yaitu 82,0 %, Ketepatan tanggapan, kecermatan memilih kata, kecepatan respons, didapatkan hasil yaitu 88,0%, kemampuan memandu diskusi, memfasilitasi pendapat, menjaga alur percakapan, didapatkan hasil yaitu 85,3, struktur presentasi, penggunaan media bantu (gambar/slide sederhana), intonasi, didapatkan hasil yaitu 86,7%, keterbukaan menerima kritik, respon yang konstruktif, kelancaran dialog dua arah, didapatkan hasil yaitu 87,3%, dan Kreativitas berbahasa, kejelasan konsep baru, terminologi sesuai tema, didapatkan hasil yaitu 88,7 %. Kata Kunci : Kemampuan Berbicara Siswa, Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Tema Gaya Hidup Berkelanjutan. |