Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Brainstorming Dalam Materi Debat Pada Siswa Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Palu
Nama: WAL ADIAT
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Wal adiat, 2025. “ Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming dalam Materi Debat Pada Siswa Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastar Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas tadulako. Pembimbing Juniati. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa X IPS 4 SMA Negeri 1 Palu dengan menereapkan model pembelajaran brainstorming. Jenis penelitian adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam satu siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 4 yang berjumlah 34 orang, 13 siswa perempuan, dan 21 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi .Adapun tahap dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi serta tes keterampilan berbicara menggunakan rubrik penilaian mencakup aspek pelafalan, intonasi, kelancaran, tata bahasa, dan ekspresi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah penerapan model pembelajaran barinstorming. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata keterampilan berbicara dan bertambahnya jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Model pembelajaran brainstorming mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan mendorong siswa untuk lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapat. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran ini terbukti efektif meskipun baru dilaksanakan dalam satu siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pra tindakan diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 50%, hasil belajar tersebut belum mencapai indikator pencapaian 75%, maka penelitian dilanjutkan pada siklus I. Pada tindakan pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa berbicara 88,52 dengan presentase Ketuntasan Belajar Secara Klasikal (KBSK) sebesar 94,11% hasil ini telah mencapai indikator pencapaian 75%. Aktivitas guru meningkat dari 78,26% pada pra tindakan menjadi 93,47% pada siklus I. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 71,73% pada pra tindakan menjadi 88,04% pada siklus I. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Palu. Kata Kunci: Brainstorming, kemampuan berbicara, pembelajaran inovatif,

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up