JudulPenerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memahami Teks Negosiasi Di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Sigi |
Nama: SILVANA SALSABILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Silvana Salsabila. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memahami Teks Negosiasi Di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Sigi. Skripsi. Gelar sarjana. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah pengawasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan memahami teks negosiasi di kelas X IPA 1 SMA NegeriI 7 Sigi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil penerapan model discovery learning dalam pembelajan memahami Teks Negosiasi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Sigi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian ini yaitu memberikan tugas menulis teks negosiasi dengan memperhatikan struktur teks negosiasi dan kaidah kebahasaan. Cara penelitian ini dilakukannya pratindakan belum menerapkan model pembelajaran discovery learning ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam menulis teks negosiasi yaitu 10%. Pada siklus 1 diterapkannnya model pembelajaran discovery learning kentuntasan belajar siswa secara klasikal dalam memahami teks negosiasi yaitu 53% membuktikan masih belum berhasilnya peningkatan kemampuan menulis teks negosiasi. Pada siklus II diterapkan model pembelajaran discovery learning kentuntasan belajar siswa secara klasikal 92% terdapat dua puluh enam siswa yang tuntas dan dua siswa yang tidak tuntas aspek penilaian dalam penelitian ini dengan memperhatikan judul, ketepatan ejaan, kelengkapan struktur teks negosiasi, dan kelengkapan kaidah kebahasaan teks negosiasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah data yang terkumpul dengan menganalisis data, mengdeskripsiskan data, serta mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Sigi mampu memahami teks negosiasi dengan jumlah 28 siswa yakni 12 laki-laki dan 16 perempuan. Dari hasil tersebut seluruh siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Sigi dinyatakan dapat memahami menuliskan teks negosiasi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan nilai ketuntasan tertinggi 95, sedangkan nilai terendah 70. KKM di SMA Negeri 7 Sigi adalah 75. Kemampuan siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Sigi dalam memahami teks negosiasi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dibuktikan dengan hasil yang dicapai. Nilai rata-rata siswa adalah 84,3 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 92%. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan siswa di kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Sigi adalah menulis teks negosiasi terdapat peningkatan. Kata kunci: model discovery learning, memahami, menulis, teks negosiasi |