JudulImplementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Donggala |
Nama: YULIANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Yuliana, 2024. Implementasi model Pbl untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Donggala. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Siiti Harisah, S.Ag., M.Pd. ?Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berbicara melalui implementasi model problem beased learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Donggala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan Implementasi model problem beased learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Donggala. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Dengan menggunakan Subjek pada siswa kelas XI IPS 1, Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes unjuk kerja. Teknik penyajian dan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan pada siklus I diperoleh 52?n pada siklus II meningkat menjadi 88%. Dilihat dari nilai skor rata-rata siklus I sebesar 75 meningkat menjadi 90 di siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi model problem beased learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Donggala. Kata kunci : Problem Beased Learning, Keterampilan berbicara, PTK. |