Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Metode Pembelajaran Reading To Learn Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas VIII MTS Al-Khairat Tuwa
Nama: ZAITUN
Tahun: 2024
Abstrak
Zaitun. 2024. Penerapan Metode Pembelajaran Reading to Learn Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas VIII MTS Al-Khairat Tuwa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ulfah, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode reading to learn dalam meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa kelas VIII MTS Al-Khairat Tuwa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil penerapan metode reading to learn dalam meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa kelas VIII MTS Al-Khairat Tuwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan pemberian tes. Instrument penelitian ini memberikan tugas kepada siswa untuk membaca kritis menggunakan bahan bacaan. Cara penelitian ini dengan menyimpulkan tema cerita, menyebutkan tokoh, menentukan karakter tokoh, menjelaskan latar, memperjelas alur, menemukan amanat, dan memberikan kesimpulan cerita. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas VIII MTS Al-Khairat Tuwa mampu dalam membaca kritis menggunakan metode reading to learn, dengan jumlah 26 siswa yakni 17 laki-laki dan 9 perempuan. dari hasil tersebut seluruh siswa kelas VIII MTS Al-Khairat Tuwa dinyatakan tuntas. Nilai ketuntasan tertinggi 100 dan terendah 85. KKM di MTS Al-Khairat Tuwa adalah 75. Nilai rata-rata siswa adalah 92,7 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 100%. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas VIII MTS Al-Khairat Tuwa dalam membaca kritis menggunakan metode reading to learn dikategorikan mampu. Kata Kunci: Metode Reading to Learn, Membaca Kritis.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up