Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DONDO PADA TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST
Nama: REVINA FIRDAUS
Tahun: 2025
Abstrak
Revina Firdaus 2024, Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dondo Pada Teks Biografi Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi pada Teks Biografi menggunakan Three-tier Diagnostic Test di SMA Negeri 1 Dondo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 27 siswa dari kelas X E6. Instrumen penelitian adalah soal pilihan ganda bertingkat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah memberikan tes dan wawancara. Responden pada penelitian ini diambil berdasarkan kategori miskonsepsi pada setiap butir soal sebanyak 10 nomor dimana setiap nomor berjumlah 1 orang respoden sehingga total responden pada penelitian ini berjumlah 10 orang. Hasil analisis miskonsepsi menunjukkan pada soal nomor satu siswa yang tidak dapat menjelaskan pengertian teks biografi yang disebabkan oleh miskonsepsi sebesar 19% yang termasuk dalam kategori rendah, pada soal nomor dua siswa yang tidak dapat mejelaskan tujuan teks biografi karena miskonsepsi sebesar 7% yang termasuk kategori rendah, pada soal nomor tiga siswa yang tidak dapat menjelaskan ciri ciri teks biografi karena miskonsepsi sebesar 63% yang termasuk dalam kategori tinggi, pada soal nomor empat siswa yang tidak dapat menjelaskan manfaat teks biografi karena miskonsepsi sebesar 81% yang termasuk dalam kategori tinggi, pada soal nomor lima siswa yang tidak dapat menjelaskan perbedaan teks biografi dan autobiografi karena miskonsepsi sebesar 56% yang termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor enam siswa yang tidak dapat menjelaskan pengertian kronologi dalam teks biografi karena miskonsepsi sebesar 37% yang termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor tujuh siswa yang tidak dapat menjelaskan nilai factual dalam teks biografi karena miskonsepsi sebesar 33% yang termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor delapan siswa yang tidak dapat menjelaskan isi cerita pada teks biografi karena miskonsepsi sebesar 52% yang termasuk dalam kategori sedang, pada soal nomor Sembilan siswa yang tidak dapat menentukan karakter utama dalam teks biografi karena miskonsepsi sebesar 59% yang termasuk dalam kategori tinggi dan pada soal nomor sepuluh siswa yang tidak dapat menjelaskan orientasi dalam teks biografi karena miskonsepsi sebesar 67% yang termasuk dalam kategori tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa telah terjadi miskonsepsi pada teks Biografi dikelas X E6 SMA Negeri 1 Dondo Kata kunci : Miskonsepsi, Teks Biografi, Tes Diagnostic, Three-tier Diagnostic Test

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up