Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPA-2 SMA NEGERI 8 PALU YULIA NINGSIH
Nama: YULIANINGSIH
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Yulianingsih, 2024. Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Bermain Drama Pada Siswa Kelas IPA-2 SMA Negeri 8 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Agustan, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu proses pembelajaran di kelas masih menggunakan model ceramah yang berpusat pada guru. Dalam sistem penilaian hanya menekankan pada aspek kognitif, seharusnya menerapkan ranah afektif, maupun psikomotor, guru kurang menerapkan pembelajaran yang bervariasi, siswa cenderung mencatat kembali materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga proses pembelajaran tidak adanya umpan balik pada siswa menyebabkan siswa malas dalam belajar. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimakah penerapan model role playing dalam pembelajaran keterampilan bermain drama pada siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Palu”? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menurut Arikunto (2010:27) penelitian kuantitatif adalah penelitian yang banyak dituntut untuk menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penampilan terhadap data, serta penampilan dari hasil penelitian. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif persentase yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematik, akurat fakta, dan karakteristik mengenai populasi atau bidang tertentu yang akan diamati.. Hasil penelitian yaitu, 33 orang siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Palu, sebanyak 28 siswa siswa tuntas dan 5 orang siswa tidak tuntas sesuai dengan KKM, nilai rata-rata siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Palu dalam bermain drama yaitu 89 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Palu sudah mampu menerapkan model role playing dalam pembelajaran keterampilan bermain drama. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor guru,dan faktor siswa. Kata kunci: Model, role playing, bermain drama

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up