Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN PENDIDIKAN DALAM PEMERTAHANAN BUDAYA LOKAL DI SMP NEGERI 15 PALU
Nama: HASAN YARBO
Tahun: 2024
Abstrak
Hasan Yarbo, 2024. “Peran Pendidikan dalam Pemertahanan Budaya Lokal di SMP Negeri 15 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bentuk peran pendidikan dalam pemertahanan budaya lokal di SMP Negeri 15 Palu, dan (2) mendeskripsikan bentuk faktor-faktor penghambat dalam pemertahanan budaya lokal di SMP Negeri 15 Palu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini adalah data tulis, kata-kata, dan tindakan berupa bentuk dan jenis pemertahanan budaya lokal, dan faktor penghambat dalam pemertahanan budaya lokal di SMP Negeri 15 Palu. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan, gawai, dan alat tulis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pendidikan di SMP Negeri 15 Palu berperan signifikan dalam pemertahanan budaya lokal. Berdasarkan hasil angket, 74% siswa dan 81% guru berpartisipasi aktif dalam melestarikan kebudayaan lokal. Program dan kegiatan yang difokuskan pada budaya lokal di sekolah ini turut berkontribusi dalam menjaga dan membudidayakan budaya setempat. Meskipun demikian, terdapat 26% siswa dan 19% guru yang belum terlibat dalam upaya pemertahanan budaya tersebut. Secara keseluruhan, berbagai kegiatan budaya di SMP Negeri 15 Palu memberikan dampak positif dalam menjaga keberlanjutan budaya lokal di kalangan siswa dan guru. Kata Kunci: pendidikan, pemertahanan, budaya lokal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up