JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI MEDIA VIDEO TUTORIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: SISKA AYU UTAMI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Siska Ayu Utami, 2024. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Melalui Media Video Tutorial Dengan Menggunakan Model CIRCCooperative Integrated Reading And Composition Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing, Juniati. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur melalui media video tutorial pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Palu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 15 Palu melalui media video tutorial dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition terdapat peningkatkan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal 48?n pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dilihat dari rata-rata siklus I sebesar 74,2 meningkat pada siklus II menjadi 86. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video tutorial dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 15 Palu. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Teks Prosedur, Media Video Tutorial, Model Cooperative Integrated Reading and Composition |