JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF PADA TEKS ULASAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: SINTA APRILIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sinta Aprilia, 2024 “Peningkatan Kemampuan Membaca Ekstensif Pada Teks Ulasan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 15 Palu”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hasnur Ruslan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca ekstensif pada teks ulasan siswa kelas VIII A SMP Negeri 15 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca ekstensif pada teks ulasan terdapat peningkatan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal 68?n pada siklus II meningkat menjadi 92%. Dilihat dari rata-rata siklus I sebesar 78 meningkat pada siklus II menjadi 90,5. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan membaca ekstensif pada teks ulasan siswa kelas VIII A SMP Negeri 15 Palu. Kata kunci: membaca ekstensif, teks ulasan, model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). |