JudulANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DALAM MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 PARIGI TENGAH |
Nama: MUSDALIFA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Musdalifa, 2025, “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Dalam Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Parigi Tengah” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Basaha dan Seni,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Tadulako, Pembimbing Juniati. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan hasil penerapan model pembejaran sinektik dalam kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Parigi Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Max Weber. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menganalisis menulis tes cerita pendek pada seluruh sampel terpilih dan memberikan skor persiswa sesuai dengan indikator penilaian dan bobot penilaian kemampuan menulis cerpen. Hasil yang dilakukan pada analisis penerapan model pembelajaran sinektik dalam menulis cerpen bahwa 15 orang siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini, Terdapat 9 orang siswa yang dinyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal 60%. Sedangkan masih ada 6 orang siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase 40% dikarenakan nilai yan di peroleh belum mencapai standar ketuntasan yang ditentukan, yakni 70. Nilai tertinggi hasil hasil tes tertulis adalah 85 dan nilai terendah adalah 60. Kata Kunci : Model pembelajaran sinektik, kemampuan menulis, cerita pendek |