JudulPenggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Permainan Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SDN 8 Tentena |
Nama: SRIGLORI RANUA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Fokus Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan permainan game kemampuan siswa menulis karangan deskripsi kelas V SDN 8 Tentena dapat ditingkatkan dengan menerapkan pembelajaran berbasis permainan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran berbasis permainan terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 8 Tentena. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis & McTaggart, yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I kemampuan siswa mencapai 50?ngan 4 orang yang memenuhi kriteria ketuntasan dari 12 jumlah siswa keseluruhan. Pada siklus II mengalami peningkatan 75?ngan 9 siswa yang tuntas dari 12 jumlah siswa keseluruhan Hasil dari analisis aktivitas siswa pada siklus I yaitu 41,66?ngan kategori kurang. Hasil aktivitas siswa pada siklus II sudah mengalami peningkatan yang baik yaitu sebesar 83,33?ngan kategori baik. Data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa untuk setiap siklus. Hasil penelitian penggunaan strategi pembelajaran berbasis permainan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 8 Tentena. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Berbasis Permainan, Menulis Karangan Deskripsi. |