JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division ( STAD) Dalam Menentukan Struktur Teks Negosiasi Bentuk Narasi Di Kelas X SMA Negeri 1 Parigi Tengah |
Nama: DESTI NURMAILAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achieviement Division (STAD). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yunidar. Fokus Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Kooperatif tipe Student Team Achieviement Division (STAD) dalam pembelajaran menganalisis struktur teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis struktur teks siswa kelas X SMA Negeri 1 Parigi Tengah melalui penerapan metode Kooperatif tipe Student Team Achieviement Division (STAD). Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindak kelas ini menggunakan model penelitian yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap, yaitu: (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan (4) observasi dan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Pada tahun ajaran 2023/2024 dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang meliputi hasil belajar siswa yang di ambil dari hasil analisis struktur teks negosiasi siklus I dan siklus II, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan peresentase observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 72?ngan kategori cukup dan skor observasi aktivitas guru siklus II 87?ngan kategori sangat baik. Hasil skor aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72?ngan kategori cukup. Skor aktivitas siswa pada siklus II mencapai 87?ngan kategori baik. Hasil tindakan pada penelitian ini menunjukkan peresentase untuk Nilai Rata-rata pada aspek orientasi siklus I 13,25 dengan ketuntasan 96,87 pada siklus II nilai rata-rata orientasi meingkat menjadi 21,78 dan nilai ketuntasan 99%, aspek Pengajuan nilai rata rata pada siklus I 13,25 menjadi 28,12 pada siklus II, serta nilai ketuntasan siklus I mencapai 75% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II, aspek penawaran nilai rata-rata siklus I mencapai 13,25 dan meningkat pada siklus II menjadi 28,12, serta nilai ketuntasan penawaran pada siklus I 53,12% meningkat menjadi 90,62% pada siklus I. Sedangkan aspek persetujuan untuk nilai rata-rata siklus I 13,25 meningkat menajdi 21,87, serta nilai keruntasan aspek penawaran siklus I mencapai 93,75?n meningkat menjadi 99%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan metode Kooperatif Tipe Student Team Achieviement Division (STAD) dalam menganalisis struktur teks negoasisi dapat diterapkan. Kata Kunci : Analisis Strukrtur Teks Negosiasi, Metode Kooperatif Tipe STAD. |