JudulPERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: WITRI WAHYUNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi guru terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah tiga orang, yaitu tiga guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan tiga siswa perwakilan kelas VII dan VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru bahasa Indonesia terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar sangat baik. Melihat dari persepsi guru kurikulum merdeka belajar dapat dikatakan efektif dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena memiliki dampak yang positif terhadap siswa, yaitu membuat siswa lebih aktif, lebih kreatif, lebih percaya diri, lebih mengeksplor diri dan bernalar kritis. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara guru mata pelajaran bahasa Indonesia. |