JudulPENINGKATAN LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS TPACK PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 PARIGI UTARA |
Nama: NOVITA RAMADANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Novita Ramadani, 2025. Peningkatan Literasi Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis TPACK Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Parigi Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yunidar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca pemahaman siswa melalui penerapan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Parigi Utara. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan. Setiap sikus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan tindakan. Pada Siklus I, 6 siswa (23,17%) mendapat nilai di bawah 65 karena kesulitan dalam memahami konsep dan menganalisis teks. Sebanyak 4 siswa (15,38%) berada di rentang 65-74 dengan pemahaman yang masih terbatas, sedangkan 11 siswa (42,30%) di rentang 75-84 mulai mampu berpikir kritis dan menyusun kesimpulan. Hanya 5 siswa (19,23%) yang mencapai nilai 85-95 dengan penguasaan yang baik di semua aspek. Setelah perbaikan, Siklus II menunjukkan peningkatan signifikan. Sebanyak 21 siswa (80,77%) mencapai nilai 85-95 dengan pemahaman yang baik dalam semua aspek penilaian. 4 siswa (15,38%) di rentang 75-84 masih perlu meningkatkan analisis dan penyusunan kesimpulan, dan 1 siswa (3,38%) dengan nilai 65-74 mengalami sedikit kendala dalam memahami teks, dengan rata-rata nilai mencapai 87,30?n ketuntasan klasikal sebesar 96,15%. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi berbasis TPACK terbukti mampu dalam meningkatkan literasi membaca pemahaman siswa, sekaligus mendorong partisipasi aktif dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Literasi, pembelajaran berdiferensiasi, TPACK |