Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE KARYAWISATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA
Nama: TEUNGKU PANGERAN
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Teungku Pangeran, 2024. Penerapan Metode Karyawisata Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dampal Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Juniati, S.Pd., M.Pd. Fokus Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Dampal Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Dampal Utara melalui penerapan metode karyawisata. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindak kelas ini menggunakan model penelitian yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap, yaitu : (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan (4) observasi dan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dampal Utara. Pada tahun ajaran 2023/2024 dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang meliputi hasil belajar siswa yang di ambil dari hasil menulis puisi siklus I dan siklus II, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa yang di ambil dari lembar observasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan peresentase observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 79?ngan kategori cukup dan skor observasi aktivitas guru siklus II 95?ngan kategori sangat baik. Hasil skor aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72?ngan kategori cukup dan skor aktivitas siswa pada siklus II mencapai 85?ngan kategori baik. Hasil tindakan pada penelitian ini menunjukkan peresentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) pada siklus I sebesar 64%. Sedangkan pada siklus II diperoleh peresentasi Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 82%. Peningkatan hasil evaluasi akhir yang terjadi dari siklus I menuju Siklus II di katakan berhasil dengan perolehan nilai yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa dengan menerapakan metode Karyawisata dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Dampal Utara. Kata Kunci : Kemampuan Menulis Puisi, Metode Karyawisata.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up