Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS XI D SMA NEGERI 4 PALU
Nama: YUSRIL YASIN
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Yusril Yasin, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi siswa kelas XI D SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd. Fokus permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa kelas XI D SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa kelas XI D SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap: (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Palu pada tahun ajaran 2023/2024. Subjeknya adalah 36 siswa kelas XI D. Teknik analisis data penelitian ini adalah membandingkan hasil tes awal dan akhir evaluasi hasil belajar siswa serta observasi aktivitas guru dan siswa di setiap siklus. Observasi pada siklus I menunjukkan aktivitas guru mencapai 67% (kategori: kurang), meningkat menjadi 87% (kategori: baik) pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat dari 66% (kategori: kurang) pada siklus I menjadi 89% (kategori: baik) pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I ketuntasan belajar klasikal (63%) meningkat menjadi (80%) pada siklus II dan menunjukkan peningkatan sebesar 17%. Hipotesis tindakan penelitian ini diterima, yaitu terdapat peningkatan kemampuan berargumentasi siswa dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) efektif meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa kelas XI D SMA Negeri 4 Palu. Kata kunci : Kemampuan berargumentasi, Model Problem Based Learning (PBL)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up