Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 1 SDN Poboya
Nama: FIRGIN AMALIA RAHMADANI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Firgin Amalia Rahmadani, 2024. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas 1 SDN Poboya. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 1 SDN Poboya melalui penggunaan media video animasi. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa, di mana banyak siswa yang merasa malu, kurang percaya diri, dan kesulitan merangkai kalimat dengan baik. Media pembelajaran yang digunakan sebelumnya, seperti metode ceramah, kurang bervariasi dan belum efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis & McTaggart, yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa hanya 48,13, dengan 3 siswa (10%) yang mencapai ketuntasan. Setelah penerapan media video animasi, terjadi peningkatan signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,53 dengan 67% siswa (20 orang) mencapai ketuntasan. Pada siklus II, nilai rata-rata naik menjadi 87,56 dengan 90% siswa (27 orang) mencapai ketuntasan. Data kuantitatif berupa hasil evaluasi keterampilan berbicara, dan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas siswa serta refleksi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 1, baik dari segi pelafalan, penyusunan kalimat, maupun keberanian berbicara di depan umum. Kata Kunci: Keterampilan berbicara, video animasi, penelitian tindakan kelas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up