JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN DAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMKS PGRI PALU |
Nama: AYUDYA DINDA SAVITRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ayudya Dinda Savitri, 2024. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Hasil Observasi dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan dan Inkuiri Pada Siswa Kelas X SMKS PGRI Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nur Halifah, S.Pd.,M.Pd. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan kontekstual komponen pemodelan dan inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks hasil observasi siswa kelas X SMKS PGRI Palu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Arikunto yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap diantaranya yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS PGRI Palu pada tahun ajaran 2023/2024 dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, yang meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes awal dan akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi kegiatan guru, dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 65%, hasil observasi guru 59,72%, dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 55,56%. Sementara itu, hasil yang diperoleh pada siklus II menjukkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 85%, hasil observasi aktivitas guru mencapai 86,11%, dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 83%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual komponen pemodelan dan inkuiri dalam keterampilan menulis teks hasil observasi kelas X SMKS PGRI Palu dapt ditingkatkan. Kata kunci : Keterampilan Menulis Teks Hasil Observasi, Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan dan Inkuiri. |