Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Metode Cooperative Learning Tipe TPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa VII SMP 21 PALU
Nama: RISKI RAMADANI
Tahun: 2024
Abstrak
Riski Ramadani, 2024. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TPS Untuk Keterampilan Berbicara Siswa SMP 21 PALU. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Juniati, S.Pd., M.Pd. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP 21 PALU. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP 21 PALU. Melalui penerapan model Cooperative Learning Tipe TPS. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan Kemis dan MC Tanggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu : (1) pra tindakan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 21 PALU. Pada tahun ajaran 2023/2024 dan subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 18 siswa. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari tes awal dan akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukan hasil persentase observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 29?ngan kategori kurang dan skor observasi aktivitas guru pada siklus I 35?ngan kategori kurang. Hasil skor aktivitas siswa pada siklus II mencapai 74?ngan kategori baik. dan skor aktivitas guru pada siklus II mencapai 74?ngan kategori baik. Hasil tindakan pada penelitian ini menunjukkan persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) pada siklus I sebesar 44%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 83%. Peningkatan hasil evaluasi akhir yang terjadi dari siklus I menuju Siklus II kurang lebih sebanyak 53%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS untuk keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP 21 PALU dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kata kunci : Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up