JudulANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA PENULISAN ARTIKEL ILMIAH POPULER SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: LAELATUL NURHASANAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Laelatul Nurhasanah, 2024. “Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Penulisan Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Sukma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk kesalahan huruf kapital dan tanda baca pada penulisan artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII berjumlah 24 siswa. Sampel pada penelitian ini siswa kelas VIII D dengan teknik pengambil sample sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri menggunakan alat tulis dan gawai. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini pada kesalahan penggunaan huruf kapital siswa terdapat pada penulisan judul, awalan paragraf, awalan kalimat tanya, kesalahan penggunan huruf kapital setelah tanda titik, nama negara, nama instansi pendidikan, kesalahan penggunaan huruf kapital setelah tanda koma, singkatan lembaga pendidikan, huruf kapital pada tengah kalimat, huruf kapital pada kata preposisi, huruf kapital pada kata konjungsi dan penulisan mata pelajaran. Sedangkan tanda baca siswa mengalami kesalahan penggunaan tanda baca seperti penggunaan tanda tanda (.), penggunaan tanda koma (,) dan penggunaan tanda hubung (-). Kata Kunci: huruf kapital, tanda baca, artikel ilmiah populer |