Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI E DI SMA NEGERI 4 PALU
Nama: VARADIBA PUTRI RAMADHANI PAAT
Tahun: 2024
Abstrak
Varadiba Putri Ramadhani Paat, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI E SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd. Fokus permasalahan dalam Penelitian ini Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Model Pembelajaran kontekstual pada Siswa Kelas XI E di SMA Negeri 4 Palu. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Model Pembelajaran kontekstual pada Siswa Kelas XI E di SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan Penelitian ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Palu. Pada tahun ajaran 2024 dan subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI E yang berjumlah 30 siswa. Teknik Pengumpulan data yaitu observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes awal dan akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi aktivitas siswa. Dari keseluruhan Aspek yang dinilai mendapatkan ketuntasan belajar Klasikal pada Siklus I sebesar 33,33%, hasil observasi Aktivitas Guru 69,73%, dan hasil observasi aktivitas peserta didik 67,10%. Hasil penelitian disiklus II menunjukkan adanya peningkatan yaitu mendapatkan nilai ketuntasan belajar Klasikal sebesar 86,66%, hasil observasi Aktivitas Guru 82,89%, dan hasil observasi aktivitas peserta didik 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas XI E di SMA Negeri 4 Palu. Kata kunci : Kemampuan Menulis Teks Berita, Model Pembelajaran Kontekstual

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up