JudulKeterampilan Menyimak Siswa Kelas XI MAN 1 Parigi Melalui Tren Musik Tiktok |
Nama: UMI WULAN DINI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Umi Wulan Dini, 2024. “Keterampilan Menyimak Siswa Kelas XI MAN 1 Parigi Melalui Tren Musik Tiktok”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sukma. Penelitian ini membahas tentang keterampilan menyimak siswa kelas XI MAN 1 Parigi. Dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan menyimak siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data adalah siswa kelas XI. Instrumen penelitian ini menggunakan gawai, pengeras suara (speaker) dan tes subjektif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan teknik wawancara, teknik observasi, teknik tes, dan teknnik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai keterampilan menyimak siswa kelas XI MAN 1 Parigi melalui tren musik Tiktok, penggunaan media Tiktok terhadap keterampilan menyimak diketahui bahwa hasil kemampuan keterampilan menyimak siswa memperoleh nilai rata-rata 71,3. Artinya, nilai tersebut masuk dalam kategori cukup (C). Terdapat 3 orang siswa yang memperoleh skor skala A dengan ketegori sangat baik, 2 orang siswa yang memperoleh skor skala B dengan ketegori baik, 7 orang siswa yang memperoleh skor skala C dengan kategori cukup, dan 7 orang siswa yang memperoleh skor skala D dengan kategori sangat kurang. Kata Kunci: keterampilan menyimak, tren musik Tiktok. |