JudulImplementasi Model Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Materi Teks Dialog Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sirenja |
Nama: MAF'ULAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Maf’ulan, 2024. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Digital dalam MateriTeks Dialog di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sirenja. Program Studi Pendidikan Bahasadan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan danIlmuPendidikan, Universitas Tadulako,Pembimbing Drs. Efendi,M.Pd. Penelitianinibertujuanmendeskripsikanbagaimanahasilimplementasimodelpembelajaran berbasis digital di kelas VIII SMP Negeri 3 Sirenja. Jenis penelitian iniadalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalahkondensasi, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian iniadalah implementasi model pembelajaran berbasis digital dalam materi teks dialog dikelas VIII SMP Negeri 3 Sirenja berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasilobservasi aktivitas guru dalam proses belajar mengajar, hasil angket pada siswa danhasil evaluasi siswa dengan rata-rata persentase yaitu, aktivitas guru dalam prosesmengajar dengan aspek kategori baik 75?n kategori cukup 25%. Sedangkan Hasilangket pada siswa kelas VIIIa presentase jawaban Selalu 44%, persentase jawabansering 40%, persentase jawaban kadang-kadang 16%, dan presentase jawaban tidakpernah adalah 0%. Hasil angket pada siswa kelas VIIIb presentase jawaban Selalu32%, persentase jawaban sering 42%, persentase jawaban kadang-kadang 26%, danpresentase jawaban tidak pernah adalah 0%. Hasil angket pada siswa kelas VIIIcpersentase jawaban Selalu 32%, persentase jawaban sering 45%, persentase jawabankadang-kadang 23%, dan presentase jawaban tidak pernah adalah 0%,dan dapatdilihatdarirata-rata hasilevaluasisiswakelas VIIIa81,VIIIb80, danVIIIc79. KataKunci:Implementasi modelpembelajaranberbasisdigital,teksdialog |