JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN BAHASA BAKU MELALUI PRAKTIK MENULIS PIDATO RESMI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 6 PALU |
Nama: SRI WAHYUNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sri Wahyuni, 2024. “Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menggunakan Bahasa Baku Melalui Praktik Menulis Pidato Resmi dengan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Andi Bismawati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil dari peningkatan kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa baku melalui praktik menulis pidato resmi dengan model project based learning di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang di dalamnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Ada enam tahapan dalam penggunaan model project based learning yaitu: (1) Penentuan pertanyaan mendasar, (2) Mendesain perencanaan proyek, (3) Menyusun jadwal, (4) Memonitor siswa dan kemajuan proyek, (5) Mendiskusikan dan memberikan penilaian terhadap hasil proyek, serta (6) Mengevaluasi hasil kegiatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Palu yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa tes setelah menggunakan bahasa baku dalam praktik menulis pidato resmi pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Palu. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara menghitung hasil tes tertulis siswa dan hasil observasi lalu mendeskripsikannya dalam bentuk kalimat. Dari seluruh aspek yang dinilai, ketuntasan belajar klasikal pada siswa yang didapatkan pada siklus I adalah 23%, hasil observasi aktivitas guru adalah 56,25%, dan hasil observasi siswa adalah 50%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal pada siswa adalah 92%, hasil observasi aktivitas guru adalah 83,75%, dan hasil observasi aktivitas siswa adalah 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa berhasil meningkatkan kemampuannya dalam penggunaan bahasa baku pada praktik menulis pidato resmi dengan model project based learning di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Palu. Kata kunci: penerapan bahasa baku, menulis pidato resmi, model project based learning. |