Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR JILC
Nama: RIRIN PRATIWI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Ririn Pratiwi, 2024. ‘‘Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Lembaga Bimbingan Belajar JILC’’. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Ali Karim. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan fungsi tindak tutur direktif guru di Lembaga Bimbingan Belajar JILC. Dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif guru di Lembaga Bimbingan Belajar JILC. Metode yang digunakan adalah deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa yang terlibat dalam interaksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu rekam dan catat. Teknik analisis data terdiri dari (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran ditemukan pada bentuk dan fungsi dalam bertutur. Bentuk tindak tutur direktif guru terdiri atas bentuk direktif meminta, bertanya, perintah, larangan, pemberian izin dan pemberian nasihat. Sedangkan fungsi direktif meliputi : permintaan, pertanyaan, mengkhendaki, menginstruksi,mengarahkan, larangan, membolehkan, menyetujui, menganugerahi, memaafkan, menasihati, dan menyarankan. Kata Kunci : Tindak Tutur, Direktif, Bimbingan Belajar JILC, Bentuk, Fungsi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up