JudulPenerapan Media Game Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu |
Nama: MARIANI PETTA SAU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media game puzzle terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menerapkan dua perlakuan yakni tanpa menggunakan media game puzzle dan menggunakan media game puzzle. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi peserta didik, tes, dan dokumentasi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil observasi dan hasil tes peserta didik, dan data sekunder berupa jumlah dan nama-nama peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik setelah dilakukan penerapan media game puzzle dalam pembelajaran menulis puisi. Perolehan jumlah nilai rata-rata peserta didik sebelum penerapan media game puzzle adalah 60 dengan persentase ketuntasan 52%. Hasil tes peserta didik setelah penerapan media game puzzle mengalami peningkatan dengan perolehan jumlah nilai rata-rata peserta didik mencapai 80 dan persentase ketuntasan 96%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan media game puzzle dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik. Kata kunci: Penerapan, media game puzzle, kemampuan menulis puisi. |