JudulPORTAL INFORMASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN METAVERSE WARISAN BUDAYA SULAWESI TENGAH |
Nama: NUR SALIM SAPUTRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABASTRAK Nur Salim Saputra, 2024. ‘‘Portal Informasi dan Media Pembelajaran Metaverse Warisan Budaya Sulawesi Tengah’’. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan Portal Informasi dan Media Pembelajaran melalui pemanfataan ArcGIS Story Maps, aplikasi Spatial.io, dan Virtual Reality (VR) untuk menampilkan warisan budaya Sulawesi Tengah dan melakukan usability testing terhadap proyek alih wahana tersebut yang telah dikembangkan. Tujuannya adalah membuat dan menganalisis proyek alih wahana berdasarkan data yang diperoleh dari Balai pelestarian Kebudayaan Wilayah XVIII dan SMP Negeri 9 Palu berupa 31 Warisan Budaya Takbenda, 12 Warisan Budaya Kebendaan, termasuk 9 Cagar Budaya, 3 Objek Diduga Cagar Budaya potensial, dan hasil pengujian berbasis System Usability Scale (SUS). penelitian ini menggunakan metode studi dokumen, Kuesioner, dan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasilnya adalah Portal Informasi dan Galeri Metaverse warisan budaya yang menghasilkan proyeksi pengujian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari sejumlah responden adalah 71,1, masuk dalam kategori (grade) C+, percentile range 60, dinilai baik (good), serta dapat diterima (Acceptable), walaupun terdapat kecenderungan sikap pasif (Passive) dalam hal Net Promoter Score (NPS). Kata Kunci: Warisan Budaya, Alih Wahana Multimedia, Pembelajaran Metaverse, Usabiltity Testing |