| JudulMeningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Pidato Dengan Metode Drill And Practice Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 Palu |
| Nama: AHMAD ZULKIFLI ISKANDAR |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Ahmad Zulkifli Iskandar, 2025. Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Pidato dengan Metode Drill and Practice Pada Siswa Kelas XII SMA Ngereri 8 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ulfah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampauan menulis. Tujuan umum penelitian ini meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato dengan metode drill and practice. Tujuan khusus meningkatkan kemampuan menulis naskah dengan isi, organisasi, kosakata, penguasaan bahasa dan mekanik. Metode penelitian deskriptif. Bentuk penelitian tindakan kelas. Subjeknya siswa kelas XII SMA Negeri 8 Palu. (1) peningkatannya rata-rata aktivitas kegiatan pemebelajaran dari aspek kognitif pada pra tindakan yaitu 12,8% setelah diadakan siklus I menjadi 16,24%, peningkatannya sebesar 3,44?n siklus II sebesar 17,36% sedangkan dari aspek psikomotorik siklus I 4,01% setelah dilaksanakan siklus II menjadi 4,545 peningkatannya sebesar 0,53%. Dari aspek afektif siklus I sebesar 3,85% setelah diadakan siklus II sebesar 4,53% peningkatannya sebesar 0,68%. Jadi dari penguasaan keterampilan menulis naskah pidato siswa kelas XII 8 Palu dapat dikatakan meningkat dengan rincian pada siklus I 8 siswa (32%) setelah dilaksanakan siklus II menjadi 15 siswa (60%) dalam hal ini terjadi peningkatan sebesar 28%. Hasil pengamatan siklus I dan siklus II terjadi kenaikan rata-rata kelas pada setiap siklus. Penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan Metode Drill And Practice dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato. Kata Kunci : Peningkatan, Menulis, Metode Drill and Practice, Bahasa Indonesia |